Latest News

Manfaat Mineral Fosfor

Manfaat mineral fosfor

Fosfor adalah mineral esensial di dalam tubuh. Fosfor adalah mineral terbanyak kedua di dalam tubuh setelah kalsium. Sebagian besar fosfor terdapat di dalam tulang dan gigi. Mencukupi kebutuhan asupan harian mineral fosfor sangat penting untuk menjaga kesehatan. Fosfor banyak tersedia dalam makanan alami seperti susu dan produk susu, daging, ayam, kacang tanah, beras, kentang, brokoli, almond, ikan tuna, lobster, mete, bawang putih, cengkeh, asparagus, magga, dsb. Mengapa fosfor sangat penting bagi kesehatan? Berikut beberapa kegunaan fosfor bagi kesehatan.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Sebagian besar fosfor terdapat dalam tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor membentuk senyawa kalsium fosfat. Kalsium fosfat adalah senyawa utama yang meperkuat struktur tulang dan gigi. Mencukupi kebutuhan mineral fosfor dapat mengurangi resiko osteoporosis dan gangguan kesehatan gigi.

Membantu Melancarkan Urinasi
Fosfor bermanfaat membantu melancarkan urinasi (buang air kecil) sehingga mengurangi resiko penyakit ginjal. Urinasi dengan kuantitas dan frekuensi yang cukup sangat bermanfaat membuang limbah sisa metabolisma dan mengendalikan kadar zat-zat tertentu di dalam tubuh seperti asam urat dan garam sehingga tidak berlebihan di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak
Tubuh kita juga memanfaatkan mineral fosfor untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Kecukupan mineral fosfor di otak dapat membantu aktivitas otak dalam berpikir dan mengingat.

Membantu Sintesa Protein
Tubuh kita membutuhkan fosfor untuk membantu pembentukan protein. Tubuh kita menggunakan protein untuk menghasilkan energi, membangun jaringan, dan membantu fungsi sel, jaringan, dan organ.

Membantu Pencernaan
Mineral fosfor diketahui bermanfaat bagi sistem pencernaan karena fosfor membantu menstimulasi pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3). Mineral fosfor juga berguna dalam mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan seperti kembung dan indigesti.

Membantu Metabolisma
Banyak makan makanan yang mengandung mineral fosfor juga bermanfaat bagi metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Fosfor berguna membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat dan lemak untuk diubah menjadi energi.

Menjaga Keseimbangan Hormon
Ketidak seimbangan hormonal di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Fosfor diketahui turut mengendalikan keseimbangan hormonal di dalam tubuh dengan mempengaruhi fungsi kelenjar yang menghasilkan hormon.

Membantu Proses Biokimia
Fosfor merupakan salah satu ko-faktor terjadinya reaksi kimia di dalam tubuh untuk menyelenggarakan fungsi sel, jaringan dan organ. Mendapatkan asupan mineral fosfor yang cukup dapat membantu proses biokimia di dalam tubuh berlangsung normal.