Latest News

Apa Itu Mikronutrien?

Buah-buahan dan sayuran
Berdasarkan kuantitas yang diperlukan oleh tubuh kita, nutrien dikategorikan dalam dua kelompok besar yaitu mikronutrien dan makronutrien. Mikronutrien adalah nutrien (zat gizi) yang diperlukan oleh tubuh sepanjang hidup dalam jumlah kecil untuk mengatur dan menyelenggarakan fungsi-fungsi fisiologis tubuh. Makronutrien adalah nutrien yang diperlukan dalam jumlah besar yaitu karbohidrat, protein dan lemak.

Mikronutrien terdiri dari empat kelompok nutrien yaitu:
1. Makromineral
2. Asam organik
3. Mineral Kelumit (trace mineral)
4. Vitamin

Makromineral
Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah relatif besar. Beberapa makromineral yang penting antara lain kalsium, klor, magnesium, fosfor, potassium (kalium), dan sulfur.

Asam Organik
Beberapa asam organik yang dipelukan tubuh dan dikategorikan mikronutrien antara lain asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam malat, kolin, dan taurin.

Unsur Kelumit (Trace Mineral)
Mineral kelumit adalah mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang umumnya kurang dari 100 milligram/hari, yang merupakan kebalikan dari makromineral yang diperlukan dalam jumlah besar.  Beberapa mineral yang termasuk mineral kelumit anatara lain boron, cobalt, kromium, tembaga, fluor, yodium, besi, mangan, molybdenum, selenium, dan seng.

Vitamin
Vitamin adalah mikronutrien yang penting bagi tubuh kita. Beberapa mikronutrien yang termasuk kelompok vitamin adalah vitamin A, vitamin B compleks (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B8, B9, B12), vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan karotenoid (alpha carotene, beta carotene, cryptoxanthin, lutein, lycopene, zeaxanthin).