Latest News

Manfaat Makan Cokelat Hitam (Dark Chocolate)


Manfaat makan cokelat hitam

Cokelat adalah salah satu jenis makanan olahan yang sangat populer dan banyak disukai orang segala usia adalah cokelat. Cokelat hitam (dark chocolate) adalah cokelat yang mengandung kakao sekitar 70 persen sehingga warnanya lebih pekat dan rasanya agak sedikit pahit. Cokelat hitam dianggap lebih sehat daripada cokelat manis biasa karena mengandung lebih banyak khasiat kakao. Apa saja manfaat makan cokelat hitam. Berikut beberapa khasiat makan cokelat hitam untuk kebaikan tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang
Salah satu nutrisi penting yang dipelukan untuk pembentukan tulang yang sehat dan kuat adalah vitamin K. Cokelat hitam merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung vitamin K.

Mengurangi Resiko Anemia
Defisiensi zat besi dapat menyebabkan kurang darah (anemia). Cokelat hitam mengandung kadar zat yang sangat tinggi yang dapat menambah asupan kebutuhan harian zat besi bagi tubuh kita.

Membantu Metabolisma Tubuh
Salah satu kelebihan cokelat hitam adalah kandungan mineral mangan yang tinggi. Mineral mangan diketahui berperan penting dalam membantu metabolisma tubuh yaitu proses memanfaatkan nutrisi oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Mengurangi Resiko Stress dan Kecemasan
Cokelat hitam memiliki kandungan mineral magnesium yang tinggi sehingga dapat menjadi makanan tambahan untuk meningkatkan asupan mineral mangan bagi tubuh. Kekurangan mineral magnesium dalam tubuh dapat meningkatkan resiko gangguan psikiatrik seperti stress dan kecemasan.

Menjaga Fungsi Syaraf dan Otot
Makan cokelat hitam dapat menambah asupan harian mineral fosfor yang diperlukan tubuh. Salah satu manfaat penting dari mineral fosfor adalah membantu menjaga fungsi syaraf dan kontraksi otot agar berlangsung dengan normal.

Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid
Defisiensi mineral tembaga dalam tubuh dapat menganggu fungsi kelenjar tiroid. Makan cokelat hitam dapat mengurangi resiko gangguan fungsi kelenjar tiroid karena cokelat hitam  banyak mengandung mineral tembaga. Kelenjar tiroid adalah organ penting dalam tubuh kita yang berfungsi menghasilkan hormon tiroksin yang diperlukan untuk membantu metabolisma tubuh.

Mengendalikan Tekanan Darah
Cokelat hitam banyak mengandung mineral potassium (kalium). Mineral ini dikenal bermanfaat mengendalikan tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit
Cokelat hitam merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung mineral seng. Salah satu manfaat penting mineral seng adalah membantu memperkuat imunitas tubuh terhadap berbagai gangguan kesehatan.