Latest News

Manfaat Makan Nanas

Nanas adalah salah satu buah tropis yang paling terkenal. Semua orang mengenal dengan baik buah bersisik ini. Nanas memiliki rasa yang manis dan sedikit asam yang disukai semua orang. Karena rasanya yang khas, nanas banyak digunakan sebagai salah satu ikon penambah citarasa pada berbagai produk makanan olahan seperti roti, kue, biscuit, es krim, dsb. Makan buah nanas dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat dari buah nanas bagi tubuh kita? Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi nanas.

Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan
Salah satu kelebihan buah nanas adalah banyak mengadung bromelain. Bromelain adalah bahan kimia alami yang bermanfaat menjaga kesehatan saluran pernapasan atas dan membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas seperti bronchitis dan sinusitis.

Memperkuat Kekebalan Tubuh
Buah nanas dikenal kaya akan vitamin C. Salah satu manfaat penting vitamin C adalah memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit dan gangguan kesehatan terutama terhadap demam dan influenza.

Menangkal Radikal Bebas
Makan buah nanas dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral mangan. Mineral mangan dikenal memiliki khasiat antioksidan. Antioksidan sangat diperlukan tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang sangat reaktif dan dapat menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan sel.

Membantu Produksi Sel Darah Merah
Buah nanas diketahui banyak mengandung mineral tembaga. Mineral tembaga sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang memiliki fungsi vital dalam menyelenggarakan metabolisma tubuh.

Melancarkan Metabolisma
Kelompok vitamin B dikenal berperan penting dalam membantu metabolisma tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Buah nanas kaya akan vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B6. Oleh karena itu makan nanas dapat memberikan manfaat bagi metabolisma tubuh.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Sering makan buah nanas bermanfaat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena daging buah nanas banyak mengandung serat makanan (dietary fiber). Serat makanan berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Memilih buah nanas sebagai cemilan atau pencuci mulut dapat memberikan manfaat bagi kebaikan jantung karena nanas diketahui banyak mengandung folat. Folat merupakan nutrisi yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung.