Latest News

Manfaat Minum Air Putih

Manfaat minum air putih

Ada banyak pilihan jenis minuman yang dapat anda konsumsi. Tetapi minuman yang paling penting dikonsumsi adalah air putih. Setiap orang disarankan untuk banyak minum air putih setiap hari. Orang dewasa sehat dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas (2 liter) air putih setiap hari. Mengapa anda harus minum air sebanyak itu? Air putih sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk menjaga berbagai fungsi tubuh tetap optimal. Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan.

Membantu Melancarkan Pencernaan
Air berperan penting dalam membantu proses pencernaan. Minum cukup air setiap hari membantu melancarkan buang air besar. Proses pembuangan limbah tubuh yang lancar akan mengurangi resiko gangguan pencernaan dan konstipasi.

Membantu Penyerapan Vitamin dan Mineral
Air berperan penting dalam membantu tubuh mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Banyak minum air putih membantu meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral oleh sel-sel tubuh.

Membantu Mengendalikan Berat Badan
Banyak minum air putih sangat disarankan bagi orang yang ingin mengendalikan berat badan atau menurunkan berat badan yang berlebihan. Banyak minum air putih mempercepat perut terasa kenyang  sehingga mengurangi kemungkinan anda makan secara berlebihan. Minum air putih sebagai ganti minuman bergula merupakan salah satu strategi untuk mengurangi asupan kalori dari minuman manis.

Membantu Detoksifikasi Tubuh
Air berperan penting dalam dalam melarutkan dan membuang bahan berbahaya dalam tubuh baik yang berasal dari makanan yang dikonsumsi maupun limbah sisa metabolisma. Zat-zat berbahaya ini untuk selanjutnya dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Banyak minum air meningkatkan frekuensi dan jumlah air seni yang dibuang dari tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit kering dapat disebabkan oleh kurangnya hidrasi tubuh. Mencukupi kebutuhan tubuh akan air setiap hari bermanfaat menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi resiko kulit kering, kulit kasar, kulit berkerut, dan kulit berbintik.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Banyak minum air putih membantu meringankan kerja ginjal. Banyak minum air putih setiap hari akan meningkatkan frekuensi urinasi (buang air kecil) dan volume air seni. Ini menunjukkan proses pembuangan limbah tubuh yang lancar sehingga darah lebih bersih dan kerja ginjal dalam menyaring darah lebih ringan. Hal ini akan mengurangi resiko gangguan fungsi ginjal dan mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

Memberikan Rasa Nyaman
Minum air putih tidak saja dapat menghilangkan rasa haus tetapi juga dapat memberikan rasa nyaman sehingga meningkatkan mood. Jika anda merasa emosi, panik, terburu-buru, gugup, atau cemas, cobalah minum air putih untuk membuat perasaan anda menjadi lebih tenang.

Menjaga Fungsi Otot dan Sendi
Hidrasi tubuh yang cukup akan membantu fungsi otot dan sendi sehingga meningkatkan kebugaran dan kekuatan fisik. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan seseorang rentan terhadap nyeri sendi dan nyeri otot saat banyak melakukan aktivitas fisik.