Latest News

Manfaat Mineral Magnesium

Manfaat magnesium

Magnesium adalah salah satu dari tiga jenis mineral terbanyak dalam tubuh (dua mineral lainnya adalah seng dan kalsium). Ini menujukkan betapa pentingnya mineral ini bagi tubuh kita. Kekurangan mineral magnesium dapat menimbulkan gejala-gejala seperti lesu, gangguan fungsi jantung, masalah pencernaan, nyeri otot, nyeri punggung, dan lain sebagainya. Tubuh kita memperoleh mineral magnesium dari makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan asupan mineral magnesium dari makanan sangat penting bagi kesehatan. Banyak sekali manfaat mineral magnesium, berikut beberapa manfaat utama mineral magnesium dalam tubuh yang telah banyak diketahui.

Menjaga Kekuatan Tulang
Defisiensi mineral magnesium meningkatkan resiko osteoporosis (tulang keropos). Magnesium merupakan salah satu unsur utama penyusun tulang. Kadar magnesium dalam tulang juga mempengaruhi penyerapan kalsium yang juga diperlukan untuk menyusun tulang. 

Membantu Metabolisma
Mineral kalsium bermanfaat bagi metabolisma karena magnesium membantu sintesis protein. Selain itu, mineral ini juga membantu mengaktifkan enzim-enzim yang terlibat dalam proses metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi.

Menjaga Kesehatan Jantung
Magnesium bermanfaat menjaga kesehatan jantung karena magnesium berperan membantu mengatur  irama detak jantung. Pemberian magnesium dapat membantu perawatan pasien yang mengalami masalah detak jantung tak teratur.

Mencegah Gangguan Pencernaan
Magnesium berguna untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Magnesium diketahui membantu mediasi proses pencernaan sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan seperti mual, muntah, nyeri perut, flatulen, dan konstipasi.

Mengurangi Resiko Diabetes
Kecukupan asupan mineral magnesium dapat mengurangi resiko diabetes. Hal ini disebabkan karena magnesium membantu mengendalikan kadar glukosa darah dengan cara meningkatkan aktivitas insulin. Insulin adalah hormon yang membantu penyerapan glukosa dalam darah oleh sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Mengurangi Resiko Gangguan Psikiatrik
Mencukupi kebutuhan asupan mineral magnesium dapat mengurangi resiko gangguan psikiatrik yaitu gangguan emosi karena masalah kesehatan. Magnesium telah digunakan dalam perawatan pederita gangguan psikiatrik parah seperti serangan panik, stress, kecemasan, dan gejolak emosi yang tidak wajar.

Menjaga Fungsi Otot

Mineral magnesium diketahui berperan dalam menjaga fungsi normal otot. Defisiensi magnesium membuat kekuatan otot berkurang dan badan menjadi lesu.

Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Mencukupi kebutuhan asupan mineral magnesium dapat menurunkan resiko gangguan pernapasan termasuk asma dan sesak napas. Mineral magnesium diketahui membantu mengendurkan otot bronchial sehingga melancarkan pernapasan.

0 Response to "Manfaat Mineral Magnesium"