Latest News

Manfaat Vitamin B1 (Thiamine)

Manfaat vitamin B1 atau thiamine

Vitamin B1 dikenal juga dengan nama thiamine. Vitamin B1 diketahui  banyak terdapat pada bahan makanan dari jenis daging, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Keberadaan vitamin B1 sangat esensial bagi tubuh. Defisiensi (kekurangan) vitamin B1 dapat menimbulkan masalah kesehatan yang mempengaruhi fungsi otak, fungsi jantung, sistem pencernaan, jaringan otot, jaringan syaraf, dsb. Diyakini vitamin B1 terlibat dalam banyak proses biologis yang terjadi di dalam tubuh untuk mempertahankan hidup. Beberapa kegunaan vitamin B1 dalam tubuh yang telah diketahui antara lain sbb.

Menghasilkan Energi
Vitamin B1 membantu proses metabolisma tubuh dalam mencerna makanan untuk menghasilkan tenaga. Vitamin B1 berperan sebagai koenzim dalam proses pengubahan glukosa menjadi energi.

Menjaga Fungsi Jantung
Vitamin B1 membantu tubuh menghasilkan acetylcholine yang merupakan bahan neurotransmitter dalam menyampaikan sinyal pesan ke otot dan syaraf. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan berkurangnya neurotransmitter dan mengakibatkan denyut jantung tak teratur. Defisiensi vitamin B1 yang parah dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.  

Menjaga Fungsi Syaraf
Vitamin B1 menjamin pertumbuhan lapisan myelin syaraf yang merupakan lapisan pelindung syaraf dan membantu fungsi syaraf. Salah satu gejala defisiensi vitamin B1 adalah gangguan fungsi syaraf.

Membantu Pencernaan Makanan
Vitamin B1 penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Vitamin B1 berperan membantu sekresi (pelepasan) asam hidroklorat yang diperlukan untuk mencerna partikel makanan. Salah satu gejala umum defisiensi vitamin B1 adalah gangguan pencernaan seperti mual dan sembelit.

Menjaga Fungsi Otak
Salah satu gejala defisiensi vitamin B1 adalah masalah fungsi otak. Vitamin B1 diperlukan dalam menjaga fungsi otak sehingga meningkatkan memori dan konsentrasi. Vitamin B1 berperan penting dalam produksi neurotransmitter dan menjaga sistem syaraf. Vitamin B1 juga berperan dalam meningkatkan mood sehingga mengurangi stress.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin B1 turut berperan dalam membantu menjaga kesehatan mata. Salah satu gejala defisiensi vitamin B1 adalah masalah pengelihatan.

Menjaga Nafsu Makan

Vitamin B1 diketahui bermanfaat dalam menjaga nafsu makan sehingga menjamin tubuh memperoleh energi dan nutrisi yang cukup. Salah satu gejala umum kekurangan vitamin B1 adalah hilangnya nafsu makan yang dapat menyebabkan badan menjadi lebih kurus.