Latest News

Manfaat Vitamin A


Manfaat vitamin A
Vitamin A sangat penting bagi kesehatan khususnya untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Ada dua jenis vitamin A yaitu retinoid dan beta-karoten. Retinoid berasal dari bahan makanan hewani sedangkan beta-karoten berasal dari bahan makanan nabati. Beberapa manfaat vitamin A antara lain sbb.

Memperkuat Kekebalan Tubuh
Vitamin A tidak hanya memperkuat membran mukosa pada mata, saluran pernapasan, dan saluran usus, tetapi juga penting bagi limfosit atau sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang telah diubah menjadi retinaldehid sangat penting bagi kesehatan mata. Zat ini membantu membedakan cahaya gelap dan terang sehingga meningkatkan pandangan malam hari. Vitamin A berguna untuk melawan berbagai gangguan kesehatan mata karena usia seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
Vitamin A  yang telah diubah menjadi asam retinoat, berperan penting dalam mempertahankan tulang dan gigi yang set dan kuat.

Mencegah Kanker
Sebagai antioksidan, vitamin A berperan melawan stress oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Kelembaban Kulit
Vitamin A membantu mempertahankan retensi kelembaban kulit yang menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering, psoriasis, jerawat, dan kerut.

Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi
Vitamin A diketahui sangat esensial untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi baik pada pria maupun wanita.