Latest News

Vitamin yang Larut dalam Air (Water-Soluble Vitamin)

Bulir utuh
Vitamin yang larut dalam air (water-soluble vitamin) merupakan nutrisi penting bagi kesehatan. Karena larut dalam air, kelompok vitamin ini tidak dapat disimpan lama di dalam tubuh. Oleh karena itu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin yang larut dalam air sangat penting agar nutrisi ini selalu tersedia dalam tubuh. Vitamin yang larut dalam air secara umum terdiri dari vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin B12 adalah satu-satunya vitamin yang larut dalam air yang dapat tersimpan lama dalam organ hati hingga tiga tahun. Pada umumnya kelebihan vitamin yang larut dalam air di dalam tubuh kita akan dikeluarkan melalui urin.

Vitamin B1 (Thiamine)
Vitamin B1 atau thiamine banyak terdapat dalam daging sapi, daging kambing, hati, biji-bijian, legume, bulir utuh, serta roti dan cereal fortifikasi. Thiamine berperan penting dalam membantu tubuh menghasilkan energi, menjaga fungsi otak dan syaraf, dan menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 atau riboflavin terdapat dalam daging, hati, telur, sayuran daun hijau, kacang-kacangan, roti dan cereal fortifikasi, dan produk susu. Riboflavin bermanfaat membantu menghasilkan energi, membantu pembentukan vitamin B3, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B3 (Niacin)
Vitamin B3 atau niacin terdapat dalam produk susu, daging unggas, ikan, daging, hati, kacang-kacangan, dan telur. Vitamin ini bermanfaat membantu produksi energi, membantu fungsi enzim, membantu pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan syaraf, dan menjaga selera makan.

Vitamin B6 (Pyridoxine)
Vitamin B6 atau pyridoxine terdapat dalam ikan, daging, kacang-kacangan, legume, bulir utuh, dan sayuran daun hijau. Vitamin B6 bermanfaat antara lain untuk membantu metabolisma protein, menjaga kesehatan sistem syaraf, membantu pembentukan hemoglobin, dan membantu pembentukan hormon insulin.

Vitamin B12 (Cobalamin)
Vitamin B12 atau cobalamin terdapat dalam daging, daging unggas, seafood, telur, dan produk susu. Vitamin B12 bermanfaat terutama untuk menjaga kesehatan sistem syaraf, membantu pembentukan sel-sel darah, dan membantu pembentukan DNA.

Asam Pantotenat
Asam pantotenat terdapat pada daging jeroan, telur, ikan, kerang, daging unggas, legume, bulir utuh, produk susu, kol, alpukat, dan jamur. Asam pantotenat bermanfaat dalam membantu tubuh menghasilkan energi, menjaga kesehatan syaraf, dan membantu pembentukan hormon.

Folat
Folat terdapat dalam daging, ikan, hati, ginjal, sayuran daun hijau, jeruk, strawberry, polong-polongan, dan bulir utuh. Folat bermanfaat terutama dalam pembentukan sel-sel darah merah, memecah protein yang dicerna, membantu pembelahan sel, dan membantu pembentukan DNA.

Vitamin C (Asam Askorbat)
Vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Contoh bahan makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, berry, paprika,  melon, papaya, kiwi, brokoli, tomat, kentang, dsb. Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam membantu produksi energi, memperkuat imunitas tubuh, menangkal radikal bebas,memperkuat dinding pembuluh darah, membantu penyembuhan luka, membantu pembentukan tulang dan gigi, dan membantu penyerapan zat besi.