Latest News

Manfaat Serat Pangan (Dietary Fiber)

Bulir utuh yang kaya serat
Serat makanan atau serat pangan (dietary fiber) adalah komponen bahan makanan yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Serat pangan  banyak terdapat dalam sayuran, buah, bulir utuh, biji-bijian dan polong-polongan. Berbeda dengan komponen makanan lain seperti karbohidrat, protein, atau lemak, serat tidak dicerna lebih lanjut di dalam tubuh. Serat pangan terdiri dari serat larut dan serat tidak larut. Serat dikenal bermanfaat membantu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dapat memberikan sejumlah manfaat lain bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat serat bagi kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Menkonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi bermanfaat menjaga kesehatan usus. Serat pangan membantu mempercepat waktu tinggal limbah sisa pencernaan yang bersifat toksik (racun) dalam usus sehingga mengurangi resiko kanker usus.

Memperkuat Imunitas
Mencukupi kebutuhan tubuh akan serat pangan bermanfaat memperkuat imunitas tubuh. Serat pangan bermanfaat membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam usus. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Melancarkan Buang Air Besar
Serat membantu melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit (konstipasi). Serat larut dan serat tidak larut membantu mengatur pembentukan feces yang padat tetapi tidak keras sehingga mudah dikeluarkan.

Membantu Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Serat pangan diketahui bermanfaat membantu mengendalikan angka glukosa darah. Serat pangan berperan memperlambat penyerapan glukosa. Mengkonsumsi makanan kaya serat bermanfaat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Mengurangi Kolesterol
Makan berbagai makananan yang mengandung serat bermanfaat mengurangi kolesterol sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah). Serat bermanfaat mengurangi serapan tubuh akan kolesterol dan lemak.

Membantu Mengendalikan Berat Badan
Orang yang ingin mengendalikan berat badan harus dapat mencegah kebiasaan makan secara berlebihan.  Makanan yang kaya serat umumnya membutuhkan waktu kunyah yang lebih lama daripada kebanyakan makanan yang tidak mengandung serat. Hal ini membantu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain itu untuk jumlah porsi yang sama, makanan yang kaya serat umumnya mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit daripada makanan tanpa serat.