Latest News

Vitamin yang Larut dalam Lemak (Fat-Soluble Vitamin)

Minyak zaitun
Vitamin merupakan mikronutrien esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu berlangsungnya berbagai fungsi sel, jaringan, dan organ tubuh. Ada banyak jenis nutrien yang digolongkan sebagai vitamin. Berdasarkan sifat larutnya, vitamin dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu vitamin yang larut dalam air (water-soluble vitamin) dan vitamin yang larut dalam lemak (fat-soluble vitamin). Vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan lama dalam tubuh. Vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam hati dan jaringan lemak dalam jangka waktu yang lebih lama. Ada empat vitamin yang dikelompokkan dalam kategori vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Vitamin A (Retinol)
Vitamin A atau retinol banyak terdapat dalam ikan, hati, produk susu, wortel, labu, sayuran daun hijau, mangga, apricot, papaya, melon cantaloupe, dsb. Vitamin A bermanfaat antara lain menjaga kesehatan mata, melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga imunitas tubuh, menjaga kesehatan reproduksi, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan membran mukosa pada mulut, hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Vitamin D
Vitamin D  banyak terdapat dalam margarine, butter, cereal, kuning telur, hati, ikan salmon, ikan tuna, susu fortifikasi, dsb. Beberapa manfaat Vitamin D antara lain menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pemanfaatan kalsium dan fosfor dalam tubuh, mengendalikan pertumbuhan sel, dan menjaga imnunitas tubuh.

Vitamin E (Tocopherol)
Vitamin E atau tocopherol terdapat dalam minyak nabati (minyak kedelai, jagung, zaitun, dsb), sayuran daun hijau, bulir utuh, hati, kuning telur, almond, biji bunga matahari, cereal fortifikasi, dsb. Vitamin E bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam menjaga imunitas tubuh, melindungi sel dari radikal bebas, membantu pembentukan jaringan, menjaga kesehatan otot, dan melindungi sel-sel darah merah, vitamin A dan vitamin C serta asam-asam lemak dalam tubuh.

Vitamin K
Vitamin K banyak terdapat dalam hati, sayuran daun hijau, kol, brokoli, kacang polong, kacang buncis, susu, minyak zaitun, minyak kanola, dsb.  Beberapa manfaat vitamin K bagi kesehatan antara lain menjaga imunitas tubuh, membantu pembekuan darah normal, menjaga kesehatan tulang, dan membantu menghasilkan protein untuk darah, tulang, dan ginjal.