Latest News

Tips Meningkatkan Konsumsi Sayuran

Tips meningkatkan konsumsi sayuran
Sayuran merupakan bahan makanan primer. Sayuran menyediakan banyak nutrisi mikronutrien terutama berupa vitamin dan mineral. Oleh karena itu setiap orang dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran. Kurang mengkonsumsi sayuran dapat mengakibatkan tubuh seseorang tidak mendapatkan asupan nutrisi secara seimbang. Apakah anda termasuk orang kurang makan sayuran? Ada banyak cara yang dapat membantu anda untuk meningkatkan konsumsi sayuran.

Buat Daftar Menu Makanan
Selera makan terhadap sayuran dapat dipengaruhi oleh menu masakan. Menyusun daftar menu makanan yang dimasak sehari-hari membantu anda memilih dan merencanakan variasi jenis sayuran dan lauk yang akan dikonsumsi.

Masak Sayuran Secara Variatif
Ada banyak cara memasak sayuran selain dari sayur kuah dan sayur tumis. Anda sebaiknya mengolah sayuran dengan variasi masakan lain seperti sayur sop, sayur lodeh, sayur oseng, sayur grill, sayur kukus, sayur santan, dan lain sebagainya.

Gunakan Sayur Sebagai Penambah Citarasa Hidangan
Ada banyak bahan yang dapat digunakan untuk menambah citarasa hidangan. Sayuran berupa bawang, seledri, tomat, cabe, dsb dapat digunakan sebagai bahan bumbu alami pada berbagai jenis masakan. 

Pilih Jajanan yang Berbahan Sayur
Jika anda sering mengkonsumsi makanan jajanan bukan berarti anda tidak bisa makan banyak sayuran. Banyak makanan jajanan yang berbahan utama sayur misalnya gado-gado, pecel, capcai, dan lain sebagainya.

Buat Jus Sayuran
Jika anda suka minum jus sebagai salah satu cara mendapatkan nutrisi makanan, anda dapat mengkonsumsi sayuran dalam bentuk jus. Beberapa sayuran dikenal sebagai bahan jus yang bayak disukai seperti wotel, seledri, tomat, brokoli, dan lain-lain.

Konsumsi Sebagai Lalapan
Makan sayuran sebagai lalapan adalah cara mudah dan banyak dilakukan orang. Sayuran mentah seringkali mengandung nutrisi yang lebih tinggi kuantitasnya. Beberapa jenis sayuran yang biasa dimakan sebagai lalapan misalnya timun, selada, kol, kemangi, dan lain sebagainya.

Jadikan Pelengkap Hidangan
Sayuran seringkali dapat ditambahkan dalam bentuk irisan mentah sebagai pelengkap hidangan untuk tujuan menambah citarasa dan mempercantik penampilan. Beberapa jenis sayuran yang biasa ditambahkan sebagai pelengkap hidangan antara lain tomat, kol, wortel, seledri, daun bawang, dan lain-lain.