Latest News

Manfaat Makan Kacang Merah

Kacang merah di banyak negara disebut sebagai kidney bean artinya “kacang ginjal” karena bentuk dan warnanya mirip organ ginjal. Kacang merah merupakan bahan makanan yang populer. Kacang merah biasa digunakan pada berbagai kuliner tradisonal dan modern sebagai sayur, bahan kue, salad, bubur, dan lain sebagainya. Kacang merah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa manfaat makan kacang merah bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kacang merah.

Membantu Detoksifikasi Tubuh
Kacang merah kaya akan mineral molybdenum yang diketahui bermanfaat membantu pembuangan racun dari dalam tubuh. Molybdenum merupakan mineral kelumit yang membantu detoksifikasi sulfit dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah) adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya. Makan kacang merah dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular karena kacang merah banyak mengandung folat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menjaga Mood
Kacang merah banyak mengandung tryptophan yang diperlukan dalam pembentukan hormon serotonin yang berperan penting dalam menjaga mood yang baik. Mood yang baik mengurangi resiko stress.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Kacang merah adalah sumber serat pangan (dietary fiber) yang sangat baik. Serat pangan sangat bermanfaat membantu melancarkan pencernaan makanan sehingga mengurangi resiko gangguan saluran pencernaan.

Menangkal Radikal Bebas
Kacang merah adalah sumber mineral mangan yang baik. Mangan memiliki khasiat antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel tubuh.

Membantu Pembentukan Jaringan
Mengkonsumsi kacang merah juga dapat membantu tubuh membangun jaringan terutama pada anak usia pertumbuhan. Kacang merah banyak mengandung protein yang merupakan komponen pembangun otot dan berbagai jaringan tubuh lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Makan kacang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Kacang merah banyak mengandung mineral fosfor yang diperlukan untuk menyusun struktur tulang dan gigi yang sehat dan kuat.

Mengurangi Resiko Anemia
Anemia (kurang darah) dapat disebabkan kekurangan asupan zat besi. Sering makan kacang merah dapat mengurangi resiko anemia karena kacang merah diketahui banyak mengandung zat besi.