Latest News

Apa Itu Asam Lemak Omega-3 dan Apa Manfaatnya?

Kapsul minyak ikan
Apa Itu Asam Lemak Omega-3?
Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh (unsaturated fat) yang diperlukan tubuh dan tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Jenis-Jenis Asam Lemak Omega-3
Ada tiga jenis utama asam lemak omega-3 yang digunakan oleh tubuh manusia. Asam alfa linolenat (alpha-linolenic acid, ALA) jika dikonsumsi dalam makanan akan diubah oleh tubuh kita menjadi asam eicosapentanoat (eicosapentaenoic acid, EPA) dan dokodaheksanoat (docosahexaenoic, DHA). Asam-asam lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat, PUFA) yang dianggap sebagai lemak baik sebagai lawan dari lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat).

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3Asam lemak omega-3 banyak terdapat bada beragam jenis makanan baik dari bahan makanan nabati maupun dari bahan makanan hewani. Beberapa bahan makanan yang diketahui banyak mengandung asam lemak omega-3 antara lain sbb.
• Minyak ikan seperti minyak ikan salmon, sardine, makarel, herring, dan tuna.
• Minyak nabati (vegetable oil) seperti minyak zaitun (olive oil), minyak kedelai, minyak kanola, dan minyak flaxseed.
• Ikan berlemak seperti salmon, sardine, makarel, tuna, herring, dan teri.
• Sayuran hijau seperti brokoli, kale, dan bawang perai.
• Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, edamame, dan kacang buncis.
• Biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari, biji labu, dan flaxseed.
• Buah-buahan seperti strawberry, jambu biji, dan alpukat.

Manfaat Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa  manfaat omega-3 antara lain menurunkan tekanan darah, mencegah alergi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, membantu penyembuhan penyakit dan luka, menyeimbangkan kadar glukosa darah, melawan depresi, mencegah kanker, dan lain sebagainya.