Latest News

Manfaat Vitamin K

Manfaat vitamin K
Vitamin K diambil dari singkatan dari kata “koagulation” dari bahasa Jerman yang artinya penggumpalan. Vitamin K dikenal sebagai nutrisi yang penting dalam membantu koagulasi darah yang normal. Vitamin K adalah salah satu dari vitamin yang larut dalam lemak sehingga dapat disimpan dalam tubuh. Vitamin K banyak terdapat pada bahan makanan nabati seperti kale, seledri, brokoli, asparagus, buah kiwi, tomat, anggur, alpukat dan lain sebagainya. Memenuhi kebutuhan asupan vitamin K sangat penting bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat vitamin K bagi tubuh kita.

Mengatur Koagulasi Darah
Vitamin K terkenal sebagai vitamin koagulasi karena perannya dalam mengendalikan pembekuan darah. Pembekuan darah bermanfaat untuk mengurangi pendarahan pada jaringan tubuh yang mengalami luka.

Menjaga Kepadatan Tulang
Vitamin K dikenal sebagai salah satu vitamin kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam mempertahankan mineral penyusun tulang sehingga menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Defisiensi vitamin K dapat menyebabkan peningkatan pelepasan mineral tulang  sehingga kepadatan tulang berkurang.

Mengurangi Resiko  Kalsifikasi
Vitamin K bermanfaat membantu tubuh mengendalikan dan memanfaatkan kalsium. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan resiko kalsifikasi yaitu peristiwa penumpukan kalsium pada jaringan tubuh tertentu.

Mencegah Stress Oksidatif
Vitamin K memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menetralisir reaktivitas radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil dan sangat reaktif sehingga dapat merusak sel-sel tubuh.

Mengurangi Resiko Inflamasi
Salah satu manfaat vitamin K bagi kesehatan tubuh adalah mengurangi resiko inflamasi. Kecukupan vitamin K dalam tubuh menurunkan kadar glycoprotein interleukin-6 yang merupakan penanda inflamasi dalam tubuh.

Membantu Fungsi Otak
Tubuh kita juga memerlukan vitamin K untuk menjaga kesehatan otak. Vitamin K diperlukan dalam pembentukan myelin yang melindungi syaraf dan membantu fungsi syaraf di otak.

Mengurangi Resiko Kanker
Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan mutasi sel yang menimbulkan kanker. Mencukupi kebutuhan tubuh akan  vitamin K dapat mengurangi resiko kanker karena vitamin K merupakan nutrisi antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang reaktif dan berpotensi merusak sel-sel tubuh.