Latest News

Manfaat Vitamin D (Calciferol)

Manfaat vitamin D

Vitamin D atau calciferol adalah vitamin larut dalam lemak. Vitamin D adalah salah satu vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Gejala defisiensi vitamin D dapat berupa osteoporosis, lemah otot, nyeri otot, dan nyeri tulang. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan harian vitamin D adalah sangat penting bagi kesehatan. Mendapatkan cahaya matahari setiap hari cukup untuk menghasilkan vitamin D di kulit. Vitamin D juga banyak terdapat pada bahan makanan yang umumnya berasal dari sumber hewani seperti ikan salmon, kuning telur, udang, susu fortifikasi, hati sapi, keju, dsb. Apa manfaat vitamin D bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat vitamin D yang telah banyak dipelajari.

Membantu Penyerapan Kalsium
Vitamin D bermanfaat membantu tubuh menyerap mineral kalsium yang sangat diperlukan oleh berbagai jaringan tubuh kita. Vitamin D juga mengendalikan kadar kalsium dalam darah. Kalsium sangat bermanfaat terutama untuk membangun jaringan tulang dan gigi.

Membantu Penyerapan Fosfor
Selain membantu menyerap mineral kalsium, vitamin D juga membantu penyerapan mineral fosfor yang juga sangat diperlukan oleh tubuh kita terutama pada jaringan tulang dan gigi. Mencukupi kebutuhan harian vitamin D bermanfaat membantu tubuh memperoleh mineral fosfor.

Menjaga Kekuatan Tulang
Vitamin D tidak hanya membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk membangun struktur tulang, tetapi juga membantu penggunaan kalsium dalam struktur tulang. Sel-sel osteoblast dan osteoclast yang berperan dalam pembentukan tulang dikendalikan oleh kelenjar paratiroid. Fungsi kelenjar paratiroid ini dipengaruhi oleh vitamin D.

Membantu Fungsi Kelenjar Paratiroid
Mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari mapupun dari makanan bermanfaat menjaga kesehatan dan fungsi normal kelenjar paratiroid. Kekurangan vitamin D bisa menimbulkan hiperparatiroidisme sekunder.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Tubuh kita juga memanfaatkan vitamin D untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai gangguan kesehatan. Banyak sel-sel yang berperan penting dalam melawan penyakit diketahui mempunyai reseptor vitamin D.

Mengurangi Resiko Hipertensi
Mencukupi kebutuhan vitamin D dapat mengurangi resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Vitamin D berperan membatasi aktivitas enzim-enzim tertentu yang bisa meningkatkan tensi darah karena vitamin D meningkatkan retensi sodium dan air dalam darah.

Menjaga Kesehatan Otot
Vitamin D diketahui berguna membantu fungsi otot. Otot lemah dan otot nyeri dapat disebabkan karena kekurangan vitamin D dalam tubuh. Pemberian suplemen vitamin D dapat meredakan rasa pada banyak pasien nyeri otot.