Latest News

Manfaat Vitamin E

Manfaat vitamin E
Vitamin E adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E adalah kelompok zat yang terdiri dari delapan senyawa yang memiliki sifat dan manfaat yang sama. Vitamin E terkenal sebagai antioksidan kuat. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh. Vitamin E banyak tersedia dalam bahan makanan alami seperti minyak zaitun, kedelai, kacang tanah, kacang merah, almond, mete, biji bunga matahari, wortel, brokoli, asparagus, telur, ikan, udang, dan lain sebagainya. Vitamin E juga tersedia dalam makanan fortifikasi seperti cereal, jus, margarine, dan lain-lain. Beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan antara lain sebagai berikut.

Melindungi Sel terhadap Kerusakan radikal Bebas
Kelebihan radikal bebas dalam tubuh harus dinetralisir karena radikal bebas sangat reaktif sehingga berpotensi merusak sel-sel tubuh. Antioksidan adalah zat yang berfungsi menetralisir rekativitas radikal bebas. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan kuat yang berperan penting dalam menetralisir reaktivitas radikal bebas sehingga tidak membahayakan sel-sel tubuh.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular
Vitamin E bermanfaat menjaga sistem sirkulasi darah yang sehat. Vitamin E merupakan zat antikoagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan darah yang tidak normal yang dapat menghambat aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Membantu Imunitas Tubuh
Tubuh kita memiliki sistem imunitas (sistem kekebalan) dalam menangkal potensi penyakit dan gangguan kesehatan. Sifat antioksidan pada vitamin E turut membantu sistem imunitas tubuh dalam melawan penyakit dan gangguan kesehatan.

Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang membantu perawatan kulit agar tetap halus dan kencang. Vitamin E diketahui dapat member perlindungan terhadap sinar ultraviolet dari sinar matahari sekaligus memperbaiki kerusakan kulit karena paparan sinar matahari.

Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin E adalah salah satu nutrisi penting bagi kesehatan retina mata. Memenuhi kebutuhan asupan vitamin E dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan pada retina mata terutama katarak dan degenerasi makula karena usia.

Menjaga Kesuburan Rambut
Vitamin E dikenal sebagai salah satu nutrisi rambut yang memiliki khasiat menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Vitamin E telah lama digunakan sebagai bahan perawatan rambut pada beberapa jenis shampoo dan produk perawatan rambut lainnya.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Tubuh kita juga memanfaatkan vitamin E untuk membantu produksi sel darah merah. Kekurangan asupan vitamin E dapat menyebabkan jumlah sel darah merah.

Membantu Penggunaan Vitamin K
Banyak mengkonsumsi makanan yang megandung vitamin E juga bermanfaat membantu pemanfaatan vitamin K oleh berbagai jaringan dan organ tubuh yang memerlukannya.