Latest News

Manfaat Mineral Potassium (Kalium)

Manfaat potassium
Mineral potassium memiliki nama kimia resmi kalium. Potassium adalah salah satu mineral penting dalam tubuh kita. Tubuh kita tidak bisa menyimpan potassium, sehingga mendapatkan asupan mineral potassium dari makanan setiap hari adalah sangat penting bagi kesehatan. Potassium diketahui berperan dalam penyelenggaraan fungsi organ-organ penting antara lain jantung, ginjal, syaraf, tulang, syaraf, dan otak. Kekurangan potassium dalam darah (hypokalemia) dapat mengganggu fungsi organ-organ tersebut. Mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral potassium dari makanan sangat penting. Contoh makanan sumber potassium yang baik antara lain brokoli, tomat, kentang, asparagus, terong, alpukat, nanas, apricot, kedelai, kacang merah, biji bunga matahari, almond, susu, yogurt, daging, ayam, ikan salmon, dsb. Apa manfaat mineral potassium bagi kesehatan? Beberapa manfaat potassium untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut.
Mengendalikan Tekanan Darah
Potassium dikenal sebagai nutrien yang berkhasiat menjaga tekanan darah dalam rentang normal. Kelebihan sodium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Potassium dapat menurunkan tekanan darah akibat kelebihan mineral sodium dalam tubuh.
Membantu Fungsi Otot
Potassium telah dikenal sebagai nutrien yang berperan penting membantu fungsi kontraksi dan relaksasi otot. Kram otot dan lemah otot adalah salah satu gejala defisiensi potassium.
Menjaga Kesehatan Tulang
Kekurangan asupan potassium meningkatkan resiko osteoporosis. Potassium membantu menetralkan asam-asam sisa dalam tubuh yang yang dapat menghambat penggunaan kalsium oleh tulang. Semakin tinggi kadar kalsium dalam tulang maka semakin padat dan kuat tulang tersebut.

Membantu Metabolisma
Mencukupi kebutuhan potassium juga bermanfaat bagi metabolisma tubuh. Potassium diperlukan dalam proses metabolisma tubuh dalam mengubah makanan untuk menghasilkan energi.
Menjaga Kesehatan Ginjal
Banyak makan makanan yang mengandung potassium juga baik bagi kesehatan ginjal. Potassium membantu tubuh menggunakan kalsium. Jika kalsium banyak yang terlepas keluar tubuh melalui urin, maka kadar kalsium dalam urin yang tinggi meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.
Menetralkan Keasaman Tubuh
Kelebihan asam-asam tertentu dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan keasaman dalam tubuh dapat dinetralisir dengan senyawa yang bersifat alkalis (basa). Potassium adalah salah satu unsur alkali yang berperan dalam menetralkan keasaman (pH) dalam tubuh.
Membantu Fungsi Otak
Potassium bermanfaat membantu fungsi otak sehingga menjaga kemampuan kognitif dan kemampuan mengingat. Potassium turut membantu mempertahankan konduktivitas elektrik otak. Potassium juga membantu transport oksigen ke otak.
Membantu Fungsi Syaraf
Mencukupi kebutuhan harian potassium juga baik untuk membantu fungsi syaraf. Potassium diketahui bermanfaat melancarkan transmisi sinyal syaraf. Salah satu gejala kekurangan mineral potassium adalah berkurangnya refleks gerakan.