Latest News

Indeks Glikemik pada Bahan Makanan

Indeks glikemik pada bahan makanan

Pengertian Indeks Glikemik (Glycemic Index)
Indeks glikemik (IG) adalah angka estimasi berapa banyak setiap gram karbohidrat yang terkandung dalam suatu bahan makanan (karbohirat total dikurangi serat) akan menaikkan kadar glukosa darah seseorang setelah ia tersebut mengkonsumsi makanan tersebut dibandingkan dengan kenaikan kadar glukosa darahnya jika ia mekonsumsi glukosa murni.
Indeks Glikemik menunjukkan ukuran seberapa cepat suatu bahan makanan dapat menaikkan kadar glukosa darah seseorang. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah relatif kecil. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi menyebabkan kenaikan kadar lukosa lebih besar.
 Sebagai standar perbandingan indeks glikemik adalah glukosa murni yang diberi nilai indeks glikemik 100. Semua bahan makanan lainnya memiliki angka indeks glikemik relatif terhadap indeks glikemik glukosa murni. Semakin tinggi kadar karbohidrat dalam suatu makanan, maka semakin tinggi pula indeks glikemiknya.

Kriteria Indeks Glikemik
Indeks glikemik pada bahan makanan sangat bervariasi. Angka indeks glikemiknya diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu indeks glikemik rendah, indeks glikemik sedang, dan indeks glikemik tinggi.
• Indeks glikemik rendah adalah 55 atau kurang
• Indeks glikemik sedang adalah 56 sampai 69
• Indeks glikemik tinggi adalah 70 atau lebih

Manfaat Indeks Glikemik
Indeks glikemik membantu kita untuk memilih makanan dengan kadar karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan. Penderita diabetes mellitus (kencing manis) harus membatasi asupan karbohidrat dan glukosa dari makanan. Orang yang ingin mengurangi berat badan juga dapat memilih makanan yang rendah karbohidrat dan rendah glukosa (yang juga berarti rendah kalori). Orang dengan kondisi kesehatan tertentu juga dianjurkan untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah sampai sedang. Sebaliknya orang yang mengalami penurunan kadar glukosa darah secara drastis karena alasan tertentu dianjurkan segera mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik sedang atau tinggi.

Keterbatasan Indeks Glikemik
Indeks glikemik adalah alat bantu untuk memilih makanan berdasarkan kadar karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Indeks glikemik bukan angka yang eksak sehingga bahan makanan yang sama mungkin memiliki pengaruh terhadap kenaikan kadar glukosa darah yang berbeda karena perbedaan proses memasak, tingkat kematangan memasak, lama penyimpanan, dan lain sebagainya.