Latest News

Beban Glikemik pada Bahan Makanan

Beban glikemik pada bahan makanan
Pengertian Beban Glikemik
Beban glikemik (BG) atau muatan glikemik atau dalam bahasa inggris disebut glycemic load (GL) adalah jumlah estimasi seberapa banyak kuantitas suatu makanan akan menaikkan kadar glukosa darah seseorang setelah ia mengkonsumsi makanan tersebut. Satu satuan beban glikemik kira-kira setara dengan efek mengkonsumsi satu gram glukosa. 
Beban glikemik memperhitungkan jumlah karbohidrat dalam suatu makanan dan indeks glikemik makanan tersebut.

Cara Menghitung Beban Glikemik
Beban glikemik didefinisikan sebagai jumlah gram karbohidrat yang terdapat dalam suatu makanan dikalikan dengan indeks glikemik, kemudian dibagi dengan angka 100. Rumus menghitung beban glikemik adalah:
Beban Glikemik = (Jumlah Gram Karbohidrat x Indeks Glikemik ) / 100
Jika diketahui 100 gram wortel mengandung 7 gram karbohidrat dan indeks glikemiknya 47. Maka beban glikemik 100 gram wortel adalah (7 x 47)/100 = 3,3

Kriteria Beban Glikemik
Beban glikemik pada bahan makanan sangat bervariasi bergantung pada jumlah bahan makanan dan indeks glikemiknya. Angka beban glikemik diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu beban glikemik rendah, beban glikemik sedang, dan beban glikemik tinggi.
Kriteria beban glikemik pada bahan makanan adalah sebagai berikut.
• Beban glikemik tendah adalah 10 atau kurang
• Beban glikemik sedang adalah 11 sampai 19
• Beban glikemik tinggi adalah 20 atau lebih

Perbedaan Beban Glikemik dan Indeks Glikemik
Indeks glikemik memperkirakan pengaruh relatif kadar karbohidrat dalam suatu bahan makanan terhadap kenaikan angka glukosa darah tanpa mempertimbangkan jumlah (porsi) makanan yang dikonsumsi. Beban glikemik memperkirakan pengaruh jumlah karbohidrat yang dikosumsi terhadap kenaikan angka glukoda darah, artinya beban glikemik mempertimbangkan porsi makanan yang dikonsumsi. Dengan memahami konsep beban glikemik, kita dapat mengerti bahwa makan makanan yang mengandung 5 gram karbohidrat dengan indeks glikemik 80 (indeks glikemik tinggi) akan memberikan efek glikemik yang sama dengan makan makanan yang mengandung 8 gram karbohidrat dengan indeks glikemik 50 (indeks glikemik rendah). 

Manfaat Mengetahui Beban Glikemik pada Bahan Makanan
Mengetahui beban glikemik pada bahan makanan akan membantu kita memilih makanan dan menentukan porsi makanan secara bijak untuk membatasi asupan karbohidrat yang akan menyebabkan kenaikan angka glukosa darah. Hal ini terutama penting bagi penderita diabetes atau orang yang ingin membatasi asupan kalori untuk mengendalikan berat badan.