Latest News

Manfaat Vitamin C

Manfaat vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat adalah vitamin yang paling terkenal. Vitamin C termasuk vitamin yang larut di dalam air, sehingga tubuh kita tidak dapat menyimpannya dalam waktu lama. Vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayuran. Beberapa bahan makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, anggur, mangga, kiwi, pepaya, strawberry, nanas, brokoli, bunga kol, tomat, ubi jalar, dan paprika. Vitamin C juga banyak tersedia sebagai suplemen vitamin dalam bentuk tablet, kapsul, tablet hisap, tablet effervescent, dan sirup. Banyak sekali kegunaan vitamin C dalam tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C yang sudah banyak dikenal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit. Vitamin C terutama membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit flu dan pilek.

Melindungi Sel terhadap Kerusakan Oksidatif
Vitamin C adalah antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas bisa menyebabkan kanker, penuaan dini, gangguan kesehatan mata, gangguan sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Membangun Jaringan Tubuh
Tubuh kita memerlukan vitamin C untuk memproduksi kolagen yang merupakan bahan struktur pada tulang, gigi, kulit, ligamen, tendon, dan tulang rawan. Oleh karena itu anak usia pertumbuhan sangat memerlukan vitamin C untuk menjamin pertumbuhan yang sehat.

Melindungi Kulit
Vitamin sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C membantu sirkulasi darah yang berperan membawa nutrisi ke seluruh tubuh termasuk pada sel-sel kulit. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen yang membangun jaringan kulit dan menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Selain itu vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang memberi perlindungan bagi kulit dari sinar ultraviolet (UV) cahaya matahari.

Membantu Menyembuhkan Luka
Vitamin C bermanfaat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena vitamin C berkhasiat membantu pembentukan jaringan bekas luka sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Vitamin C membantu produksi kolagen yang diperlukan dalam jaringan saluran pencernaan. Vitamin C juga bisa mencegah masalah perut karena bakteri Helicobacter pylori.

Membantu Penyerapan Zat Besi

Keberadaan vitamin C dalam tubuh juga membantu menyerap zat besi dari makanan yang dicerna. Zat besi adalah salah mineral penting bagi tubuh kita. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia.
 
Menjaga Kesehatan Mulut

Vitamin C sangat bermanfaat menjaga kesehatan mulut. Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan gejala-geja gangguan kesehatan mulut seperti mulut kering, radang gusi, dan gusi berdarah. Vitamin C juga bermanfaat menyembuhkan sariawan.