Latest News

Manfaat Mineral Kalsium

Manfaat mineral kalsium

Semua orang harus mendapatkan asupan mineral kalsium yang memadai termasuk balita, anak-anak, orang dewasa, orang tua, wanita hamil, dan wanita menyusui. Mengkonsumsi makanan alami yang mengandung kalsium adalah cara terbaik mendapatkan asupan kalsium harian. Kalsium terdapat pada beberapa jenis bahan makanan alami seperti sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, bulir-buliran, ikan, susu, dan produk susu.  Selain dari bahan makanan alami, kalsium juga terdapat dalam makanan yang diperkaya kalsium dan suplemen kalsium. Apa manfaat mineral kalsium bagi kesehatan? Berikut beberapa kegunaan mineral kalsium bagi tubuh kita.

Memperkuat Tulang dan Gigi
Kalsium adalah komponen utama penyusun tulang dan gigi. Sekitar 99% kalsium di dalam tubuh kita terdapat dalam tulang dan gigi. Semakin tinggi kandungan kalsium dalam tulang, semakin tinggi pula kepadatan tulang. Kalsium adalah salah satu komponen utama penyusun gigi yang membangun jaringan gigi yang sangat keras.

Membantu Fungsi Otot
Tubuh kita menggunakan kalsium untuk membantu fungsi otot. Kalsium diketahui ikut berperan membantu aktivitas otot saat berkontraksi dan relaksasi.

Membantu Fungsi Syaraf

Mineral kalsium berguna untuk kesehatan syaraf. Kalsium membantu fungsi syaraf dalam menyampaikan sinyal-sinyal syaraf ke berbagai jaringan dan organ tubuh.

Menjaga Irama Denyut Jantung Tetap Teratur
Mineral kalsium bermanfaat menjaga fungsi jantung. Kalsium berperan menjaga detak jantung agar tetap teratur. Defisiensi kalsium diketahui dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Mengendalikan Tekanan Darah

Banyak makan makanan yang mengandung kalsium dapat mengurangi resiko hipertensi. Mineral kalsium dikenal sebagai salah satu nutrien yang memiliki khasiat membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mencegah kenaikan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Membantu Menghasilkan Energi
Mendapatkan asupan harian kalsium secara cukup dapat meningkatkan metabolisma tubuh. Kalsium berperan dalam mengaktifkan enzim-enzim pencernaan yangterlibat dalam proses pengubahan makanan menjadi energi yang diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas biologis tubuh dan aktivitas fisik.

Membantu Penyerapan Vitamin B12
Mineral kalsium membantu tubuh memaksimalkan penyerapan nutrisi dari sistem pencernaan. Kalsium turut membantu penyerapan vitamin B12 yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.