Latest News

Manfaat Makan Asparagus

Manfaat makan asparagus

Asparagus adalah sayuran dapat dihidangkan dengan berbagai cara pengolahan antara lain dikukus, dipanggang, digoreng, dan bahkan tanpa dimasak. Asparagus biasa dimakan mentah sebagai tambahan pada salad. Asparagus biasanya bukan disajikan sebagai sayuran utama, tetapi hanya sebagai pelengkap pada hidangan tertentu. Asparagus dikenal sebagai sayuran yang kaya nutrisi. Oleh karena itu mengkonsumsi sayuran ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Mempertahankan Kekuatan Tulang
Asparagus adalah makanan yang kaya vitamin K yang sangat bermanfaat dalam pembentukan tulang yang padat. Densitas tulang yang tinggi meningkatkan kekuatan tulang.

Menjaga Kesehatan Mata
Makan asparagus bermanfaat menjaga kesehatan mata dan mempertahankan ketajaman pandangan. Sayur asparagus banyak mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan pengelihatan seperti katarak dan degenerasi makula khususnya bagi orang yang lanjut usia.

Membantu Produksi Sel Darah Merah
Tubuh kita memerlukan zat besi secara terus menerus terutama untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi dapoat menyebabkan anemia. Asparagus adalah sayuran yang kaya zat besi yang dapat menjadi alternatif sumber asupan harian zat besi. 

Memperkuat Daya Tahan Tubuh terhadap Penyakit

Makan asparagus dapat memberikan manfaat bagi imunitas tubuh. Asparagus banyak mengandung vitamin C yang diketahui berperan penting dalam memperkuat imunirtas tubuh terhadap pennyakit.

Melindungi Sel terhadap Radikal Bebas
Asparagus kaya akan antioksidan berupa vitmin A, vitamin C, seng, mangan, dan selenium yang banyak diperlukan dalam menangkal reaktivitas radikal bebas. Radikal bebas berpotensi merusak sel yang dapat menyebabkan inflamasi, penuaan dini, dan kanker.

Membantu Metabolisma
Asparagus banyak mengandung vitamin B1. Vitamin ini turut membantu mengubah makanan yang dicerna menjadi energi untuk kebutuhan penyelenggaraan fungsi otot dan aktivitas tubuh lainnya.

Menjaga Fungsi Otak
Makanan yang banyak mengandung tembaga sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Asparagus adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung mineral tembaga. Mineral tembaga merupakan salah satu nutrisi penting bagi otak yang menjaga kesehatan otak dan membantu fungsi otak.

Melindungi Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi asparagus juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena asparagus banyak mengandung folat. Folat berperan mengendalikan kadar homositein dalam tubuh. Meningkatnya kadar homosistein dalam tubuh akan meningkatkan resiko penyakit jantung.