Latest News

Manfaat Vitamin B3 (Niacin)


Manfaat vitamin B3 (niacin)
Vitamin B3 atau niacin adalah salah satu anggota kelompok vitamin B kompleks. Vitamin B3 sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama dalam membantu aktivitas metabolisma. Defisiensi vitamin B3 jarang terjadi. Kekurangan vitamin B3 dapat menimbulkan beberapa gejala gangguan kesehatan seperti lesu, otot lemah, masalah pencernaan, sariawan, nafsu makan kurang, dan depresi. Defisiensi vitamin B3 yang parah bisa mengakibatkan pellagra, suatu kondisi masalah kesehatan dengan gejala-gejala kulit pecah dan mengelupas, demensia serta diare.
Contoh makanan alami yang merupakan sumber vitamin B3 yang baik adalah jamur, ikan salmon, ikan tuna, daging sapi, daging ayam, sayuran daun, brokoli, tomat, ubi jalar, bulir utuh, dan kacang-kacangan. Apa Manfaat vitamin B3 untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa kegunaan vitamin B3 untuk kesehatan yang telah banyak dipelajari.

Membantu Tubuh Menghasilkan Energi
Tubuh kita menghasilkan energi dari makanan yang diolah melalui suatu proses yang disebut metabolisma. Semua anggota vitamin B kompleks, termasuk vitamin B3 bermanfaat bagi metabolisma tubuh karena membantu mengubah makanan khususnya karbohidrat menjadi energi.

Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Vitamin B3 berguna dalam menjaga sistem sirkulasi darah yang sehat karena vitamin B3 turut berperan dalam melancarkan peredaran darah. Sistem peredaran darah yang sehat sangat penting bagi tubuh karena darah membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sekaligus  membuang sisa metabolisma dan toksin.

Menajaga Kesehatan Syaraf
Tubuh kita juga memanfaatkan vitamin B3 untuk membantu menjaga kesehatan jaringan syaraf pusat. Kekurangan asupan vitamin B3 dapat meningkatkan resiko depresi.

Membantu Produksi Hormon
Ada banyak hormon yang dihasilkan oleh tubuh kita untuk mengendalikan fungsi sel, jaringan, dan organ. Tubuh kita memanfaatkan vitamin B3 untuk membantu produksi hormon termasuk hormon kelamin dan hormon stress.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Banyak makan makanan yang mengandung vitamin B3 baik untuk sistem pencernaan. Vitamin B3 diketahui turut membantu pencernaan. Gangguan pencernaan merupakan salah satu gejala kekurangan asupan vitamin B3.

Menjaga Nafsu Makan

Kurangnya nafsu makan dapat disebabkan kekurangan vitamin B3 dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan asupan vitamin B3 dapat mempertahankan nafsu makan. Nafsu makan yang baik mengurangi resiko tubuh menjadi kurus dan kekurangan gizi.

Menjaga Kesehatan Kulit
Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 dapat memberikan manfaat  bagi kesehatan kulit. Vitamin B3 diperlukan untuk membantu peremajaan sel-sel kulit.

Membantu Penyerapan Kalsium
Tubuh kita juga menggunakan vitamin B3 untuk membantu penyerap dan memanfaatkan kalsium dalam tubuh. Kalsium adalah mineral penting bagi kesehatan terutama dalam menyusun struktur tulang dan gigi yang kuat.