Latest News

Manfaat Makan Pisang

Manfaat buah pisang

Siapa yang tidak kenal buah pisang? Buah berwarna kuning dan berdaging lembut ini dikenal di seluruh dunia dan disukai oleh orang segala usia. Pisang dapat dimakan langsung sebagai buah konsumsi, dibuat jus, atau dijadikan bahan aneka makanan yang lezat dan bergizi. Makan buah pisang selain mengenyangkan juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Apa manfaat makan pisang bagi kesehatan? Berikut beberapa maanfaat mengkonsumsi pisang.

Sumber Energi
Makan pisang dapat menjadi alternatif sumber energi tubuh dengan tambahan nutrisi lainnya. Pisang adalah makanan yang mengenyangkan dan mengandung kalori. Rata-rata satu buah pisang mengandung 105 kalori.

Membantu Metabolisma
Vitamin B dikenal sebagai kelompok vitamin yang sangat bermanfaat membantu mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B6 diketahui berperan membantu aktivasi enzim-enzim  yang terlibat dalam proses metabolisma protein. Satu buah pisang mengandung rata-rata 0,43 mg vitamin B6 yang berarti memenuhi 21 persen kebutuhan harian vitamin B6.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makan pisang dapat meningkatkan imunitas tubuh . Buah pisang banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai gangguan kesehatan. Sebuah pisang rata-rata mengandung 10,2 mg vitamin C yang setara dengan 17% kebutuhan harian vitamin C.

Menjaga Kekuatan Tulang
Buah pisang banyak mengandung mineral mangan yang sangat bermanfaat menjaga kekuatan tulang. Sebuah pisang rata-rata menyediakan 0,32 mg mineral mangan yang setara dengan 16% kebutuhan ahrian mineral mangan. Mineral mangan berperan membantu penyerapan mineral kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Melancarkan Pencernaan
Pisang banyak mengandung serat pangan (dietary fiber) yang sangat bermanfaat melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Satu buah pisang rata-rata mengandung 3 gram serat makanan atau setara dengan 12% kebutuhan harian.

Mengendalikan Tekanan Darah
Mengkonsumsi buah pisang juga bermanfaat mengendalikan tekanan darah. Pisang banyak mengandung potassium yang berkhasiat mencegah kenaikan tekanan darah akibat kelebihan sodium dalam tubuh. Rata-rata setiap buah pisang mengandung 422 mg potassium atau setara dengan 12% kebutuhan harian potassium.