Latest News

Apa Itu 4 Sehat 5 Sempurna?

Empat sehat lima sempurna

4 sehat 5 sempurna adalah slogan yang digunakan sebagai pedoman pemenuhan gizi masyarakat secara lengkap. Slogan ini dicetuskan oleh “Bapak Gizi Indonesia“ yaitu Prof. Poerwo Soedarmo pada tahun 1950. Slogan ini mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang lengkap. Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari empat jenis makanan sehat yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah serta disempurnakan dengan jenis makanan kelima yaitu susu.

1. Makanan Pokok
Makanan pokok dapat berupa nasi, singkong, sagu, gandum, kentang, roti, jagung, ubi, jagung, dan lain-lain. Makanan pokok merupakan sumber utama energi tubuh. Makanan pokok banyak mengandung karbohidrat yang akan diubah tubuh menjadi energi melalui proses metabolisma tubuh. Tubuh kita memerlukan energi untuk menyelenggarakan fungsi sel, jaringan, dan organ serta untuk melakukan aktivitas fisik.

2. Lauk Pauk
Lauk pauk dapat berupa daging, ikan, ayam, telur, udang, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Lauk pauk merupakan sumber utama protein dan lemak yang diperlukan tubuh. Protein merupakan zat pembangun karena berperan penting dalam menyusun struktur jaringan dan organ tubuh. Lauk pauk umumnya mengandung lemak. Protein dan lemak masing-masing mengandung kalori sehingga menjadi sumber energi tambahan selain makanan pokok.

3. Sayuran
Sayuran dapat berupa bayam, daun singkong, kacang panjang, brokoli, terong, kangkung, pare, dan lain sebagainya. Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berperan penting sebagai zat pengatur fungsi sel, jaringan, dan organ tubuh. Sayuran umumnya mengandung serat pangan (dietary fiber) yang bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk melancarkan pencernaan, membuang toksin, mengurangi kolesterol, dan lain sebagainya.

4. Buah-Buahan
Buah-buahan dapat berupa pepaya, pisang, nanas, jeruk, mangga, apel, anggur, dan lain sebagainya. Buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai zat pengatur fungsi sel, jaringan, dan organ tubuh. Buah-buahan juga banyak mengandung serat pangan yang bermanfaat bagi kesehatan.

5. Susu

Susu adalah penyempurna empat makan sehat di atas. Susu kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi susu setiap hari bermanfaat menambah asupan gizi harian.